Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 7



Kasus Penulis Siluman  

Ketika John dan Belinda sibuk mengurus kasus surat kaleng (kasus kesepuluh), Jim & Bruce dimintai bantuan oleh Inspektur George LAPD. Kasusnya agak membingungkan. Terjadi pertikaian antara ibu kost dengan penyewanya. Ini keterangan dari ibu kost, Bu Muller.

“Saya pada mulanya tidak pernah menjadikan rumah saya sebagai tempat kos. Karena sedang dalam kesulitan keuangan terpaksa saya menyewakan kost buat tuan Tom. Dia membayar selama setahun di muka. Mulanya tidak terjadi apa-apa. 3 bulan berjalan dengan mulus. Menginjak bulan keempat keadaan ini mulai berubah.

Saya mulai terganggu dengan pesta tengah malam Tom. Dia juga mengajak teman-temannya bergadang sampai larut malam dan bernyanyi keras-keras selama sebulan ini. Saya mulai kehilangan kesabaran dan mencoba menegur Tom, tapi dia tetap cuek dan meneruskan kebiasannya. Saya dongkol dan kesal habis. Saya sudah akan mendepaknya keluar.
Lalu hari ini saya dituduh Tom merusak mobilnya dengan menempelkan kertas ke mobilnya dengan tulisan kurang ajar secara sengaja. Tentu saya sebagai wanita terhormat tidak akan melakukan hal ini. Pasti Tom yang melakukannya dan ingin merusak nama baik saya,” jelas Bu Muller panjang lebar.
Jim menoleh ke arah Tom. “Kapan anda mengetahui mobil anda ditempelin kertas?”
“Saya menemukannya tadi pagi waktu ingin mengelap mobil. Semalam mobilnya masih mulus,” jawab Tom. “Nyonya Muller adalah ibu kost yang sangat cerewet dan banyak permintaannya. Kalau buka pintu depan tidak boleh terlalu lebar takut debu dan nyamuk masuk. Kalau mengajak teman untuk bertamu di kost selalu dipelototin dengan muka galak. Saya sebenarnya ingin pindah kost tapi dia nggak mau membayar sisa 8 buan uang kost yang sudah saya bayar duluan. Katanya itu sudah peraturan. Aturan dari mana?”
“Tulisan apa yang ditempel di mobil anda?” tanya Jim.
“TOM BROWN BRENGSEK! Saya yakin Bu Muller yang melakukannya karena ingin membalas saya yang suka mengajak teman-teman datang bertamu. Buktinya saya menemukan lem Glue yang kosong di tong sampah ketika saya membuang sampah kemarin sore. Padahal mobil saya masih baru dan saya jaga dengan hati-hati biar nggak lecet. Dasar Ibu kost yang nggak ada kerjaan,” ujar Tom kesal.

“Saya? Jangan sembarangan menuduh yah! Dasar pemuda brengsek!” semprot Bu Muller yang tidak dapat menahan emosinya. “Pasti kamu yang menempelnya sendiri.”
“Sudahlah, Bu Muller mengaku saja. Ibukan pelakunya,” sergah Tom tak mau kalah. Pertengkaran sengitpun terjadi.

Bruce segera menengahi.
“Sudah…sudah jangan ribut. Saya tahu siapa pelakunya.” Bruce memberikan bukti yang tak terbantahkan. Si penulis itu mengaku juga pada akhirnya.

** Siapa si penulis? Bu Muller atau Tom? Bukti?**

4 komentar:

  1. penulisnya adalah tom. kalau tulisannya baru ditempel pagi hari, kenapa lemnya sudah dibuang dari kemaren sore...

    BalasHapus
  2. Masuk akal! klo tom nuduh ia, mana mungkin? pdhl bu muller tdk bgadang...

    BalasHapus
  3. Semalam mobil msh mulus.
    Tapi kmrn sore lem sudah d t4 sampah

    BalasHapus