Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 13


Musuh Dalam Selimut

John diundang makan malam oleh Citra, teman sejak kecil. Citra bertubuh mungil sekitar 160 cm dan gemar membaca buku. Selain John, ia juga mengundang beberapa teman lainnya. Jam 19:00 semuanya telah hadir di rumah Citra dimana ia memperkenalkan teman2nya kepada John. Ada beberapa yang sudah dikenal John dengan baik.

Makan malam itu lumayan sukses. Citra ternyata pintar memasak. Yang beruntung tentu saja Justin, suaminya. Justin berperawakan agak kurus dan berkacamata. Mereka baru saja menikah sebulan yang lalu. Pasangan yang sedang mesra-mesranya.

Setelah itu mereka minum anggur yang sudah lama disimpan Justin. Teman mereka menawarkan untuk mengambil anggur yang disimpan di lemari gudang. Benar-benar malam yang bahagia. Tetapi tidak sebahagia yang mereka duga.

John yang pertama sekali merasakan kelainan. Kepalanya terasa berat . Matanya seakan ingin tetutup karena mengantuk. Perlahan ia jatuh tertidur. Lalu disusul Citra dan Justin. Begitu pula dengan tamu-tamu yang lain.

10 menit kemudian sesosok bayangan bangkit di antara orang2 yang pingsan. Dialah yang menaruh obat tidur di botol anggur sewaktu tak ada yang memperhatikan. Dengan cekatan ia mulai beraksi. Disikatnya semua benda2 berharga yang dipakai temannya. Kalung, cincin, anting2, ponsel, uang di dompet dll. Lalu ia mengambil benda2 berharga milik tuan rumah juga. Benda curiannya diberikan kepada teman sekomplotan yang dari tadi menunggu di seberang rumah Citra. Ia membuang anggur miliknya yang tadi tak diminumnya. Lalu ia berbaring di samping temannya dan memejamkan mata. Sebentar kemudian ia terlelap seperti yang lain.

Keesokan harinya.

Citra mengucek2 matanya. Kepalanya masih terasa berat. Ia melihat suami dan teman-temannya terbaring di sofa. Lalu John terbangun.

“Dimana aku?” tanya John bingung. Kok masih ada di rumah Citra? Apa gerangan yang terjadi? Yang diingatnya terakhir adalah bersenda gurau sambil minum anggur.
Kemudian Susan, teman Citra bangun. Dipegangnya kepalanya yang masih pusing. Ia meraba pegelangan tangannya.
“Jamku…jam tanganku hilang,” ucapnya terbata-bata. Lalu dipandang jari-jarinya. “Cincin…cincin berlianku …. tak ada.”
John yang pikirannya telah jernih ikut memeriksa . Jam tangan, ponsel serta uang di dompetnya ikut hilang.

Begitu pula dengan Citra dan Justin. Bahkan mereka yang paling kasihan. Perhiasan2 mahal yang disimpan Citra pada kotak perhiasan di kamarnya lenyap. Uang kontan sebesar 5000 dollar di lemari juga amblas dan masih banyak lagi yang ikut hilang. Teman2 yang lain yang telah sadar, semua ikut juga memeriksa barang berharga mereka. Ternyata barang mereka juga hilang. Semua berkeluh kesah.

Justin menarik John ke ruang tengah.
“John, pasti pencurinya ada diantara mereka. Saya telah memeriksa pintu depan dan belakang. Tidak ada tanda-tanda masuk dengan cara paksa.”
“ Benar.” John mengiyakan. “Mungkin salah seorang di antara mereka memasukkan obat tidur di anggur yang kita minum semalam. Setelah menunggu kita tertidur dia menjalankan aksinya.”
Justin manggut-manggut. Ia meminta John untuk menyelidiki keenam tamu-tamu yang lain. Dia sendiri pergi menenangkan Citra yang stress memikirkan benda2 yang kecurian.

Hasil wawancara:

Richard L : Untuk apa aku mencuri benda2 temanku, John? Lagipula milikku juga ikut hilang. Aku belum semiskin itu untuk mencuri.

Bobby A : Aku bukan seorang pencuri. Lagipula aku kaya. Mestinya kamu tahu itu, John.

Kurt Z : Aku tak akan mengambil barang milik orang lain. Masa sih aku dicurigai Justin? Kami kan sudah seperti saudara. Aku akan protes ke dia!

Susan N: Bukan aku pelakunya John. Mencuri itu dilarang oleh ajaran agama. Lagipula milikku ikut amblas juga.

Kimble C: Sekejam itu kamu menuduhku. Semua perhiasanku lenyap bahkan cincin pertunanganku pun disikat. Bagaimana aku menjelaskannya kepada tunanganku nanti?

Lily G : Aku bukan seorang pencuri, John. Kita bertiga, kamu, aku dan Citra sudah bersahabat sejak kecil, mestinya kamu tahu sifatku.

Setelah berpikir beberapa saat, John akhirnya mengetahui siapa si pencuri itu. Ia memberitahukan hasil penemuan berikut bukti kepada Citra dan Justin. Susah bagi mereka untuk menerima kalau ternyata salah satu teman mereka adalah pencuri. Musuh dalam selimut!

Mereka menemui si pencuri dan memintanya untuk mengembalikan benda-benda yang dicuri. Mereka berjanji tidak akan melibatkan polisi. Mulanya si pencuri berlagak tak tahu apa-apa.. Namun setelah disodorkan satu bukti kuat, si pencuri tak mampu untuk
mengelak. Ia menghubungi teman komplotannya dan memintanya untuk mengantarkan barang2 hasil curiannya kembali. Tentu saja si pencuri itu selamanya tak akan diijinkan lagi untuk bertamu di rumah Citra dan Justin.

*Siapa Si Pencuri? Bukti?*


31 komentar:

  1. smoga ga salah, tersangkanya adalah Kurt Z, terlihat dari kalimat Masa sih aku dicurigai Justin?

    BalasHapus
  2. cincin pertunangan sepertinya mencurigakan...
    kenapa dia gk ngajak tunangannya ya....

    BalasHapus
  3. smoga gue bener , pencurinya susan karena dia bangun dri pingsan lalu meraba tangan seakan dia tahu

    BalasHapus
  4. susan n
    dia jelas bilang mencuri itu larangan agama jd tentu dia tdk minum karna itu jg dilarang agama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, insting yg hebat, walau jawabanya susan terlihat sederhana, tapi nggk sadar malah jadi boomerang buat dia, salut sama jawabanmu(karna nggk terpikir olehku)👮🏼

      Hapus
    2. Masalahnya kebanyakan orang luar yg umumnya kristen, minuman keras bukanlah minuman yg dianggap dilarang agama...

      Hapus
  5. Kurt z pelakunya, karena dia adalah salah satu teman Justin yang tidak mengenal John. Dia mengatakan bahwa Justin sudah menganggapnya seperti saudara sendiri, jadi tidak akan ada yang curiga jika ia menaruh obat tidur kedalam anggur yang diambilanya dari ruang penyimpanan justin. Seperti yang dikatakan diawal tadi, salah satu teman Justin menawarkan diri untuk mengambil anggur di ruang penyimpanan dan itu adalah Kurt Z

    BalasHapus
  6. awalnya saya mengira susan pelakunya. setelah di teliti ternyata dugaan ku bahwa pelakunya adalah kurt z.

    analisis pertama : susan pelakunya karna saat dia bangun memegang kepalanya dan langsung meraba pergelangan tangannya seperti sudah menyadari. tetapi mungkin dia memegang tangannya untuk melihat jam karena mereka tidur dari malam hingga pagi. disitu kan tertulis susan memegang kepalanya yang masih pusing

    analisis ke dua : kurt z pelakunya karena dia sudah mengetahui kalau ia di curigai oleh justin sedangkan yang lain mengira di curigai john. lagipula tak ada keterangan bahwa kurt z mengalami pusing pusing.

    BalasHapus
  7. kalo menurut saya pelaku nya malah Justin, karena ada tulisan yg berbunyi seperti ini" Ia membuang anggur miliknya" pemiliknya bukannya Justin/?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya klo kata "miliknya" itu maksudnya ya si pelaku dan bisa siapa saja.

      Hapus
  8. pelaku nya SUSAN krn dia bawa bawa agama jadi ga mungkin ikut minum

    BalasHapus
  9. Pelakunya kurt z.. soalnya jhon abis dari dukun

    BalasHapus
  10. Maaf, mnurutku jelas pelakuna "bukan" Justin lah..wong tertulis di akhir "pencuri selamana tak akan diizinkan lg bertamu di rmh Citra n Justin" gimana ceritana kl Justin pelakuna?? Ditambah soal milikna, yaa kl uda ditawari(dituangkan di gelas yg memang diperuntukan utk masing2 org) itu namana uda jd "milik" kita
    Intina, q setuju pelaku Kurt Z

    BalasHapus
  11. lily G lah... dia yg sejak kecil berteman dengan citra akan tau di mana citra meletakkan barang2 berharganya. Lagian cuma dia yang tidak kehilangan barang berharga

    BalasHapus
  12. Menurut saya pelakunya adalah orang

    BalasHapus
  13. Lili G. di awal sdh diktakan Yg brtman dgn citrasejak kecil hnya citra dn jhon. Lili tmn citra yg dknlkn kpd jhon. "Clue mengatkn jika sbgian tlh dknl jhon dgn baik. Knal bkn brrt teman. Lagi pula jk sudah teman tak akn diknlkn. Ya ya ya mgkin citra tdak tahu jika mereka sudh knlan dn brtman.namun jwbn lili berlebihan. Aq, kmu, dn citra sdh brtmn sjak kecil. Tdak mgkin citra mengenalkan temannya yg brnma lili kpda jhon jika mreka sdh bertmn sejak kecil.

    BalasHapus
  14. Setelah itu mereka minum anggur yang sudah lama disimpan Justin. Teman mereka menawarkan untuk mengambil anggur yang disimpan di lemari gudang.
    Kurt Z : Aku tak akan mengambil barang milik orang lain. Masa sih aku dicurigai Justin? Kami kan sudah seperti saudara. Aku akan protes ke dia! (Hanya dia yg tau letaknys anggur,,dan telah dianggap saudara oleh Justin)

    BalasHapus
  15. bisa jadi kurtz. aku belum dapat kartu as disuni

    BalasHapus
  16. Kurt z

    Kok bisa langsung tau ia dicurigai oleh Justin, padahal yg nanya kan si John

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam keadaan seperti itu yang dianggap punya kecurigaan pastinya tuan rumah (entah justin entah citra)

      Hapus
  17. John pelakunya. klo pencuri mo ngambil barang2 ya semuanya termasuk dompet2nya.koq pencuri rajin amat ngeluarin uang dari dompet dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan John detektifnya di cerita itu masa iye detektif nyuri

      Hapus
  18. Pelakunya ialah Susan N ini adalah trik psikologis bahwa tidak akan ada yang menyangka pelakunya akan pusing berat begitu juga ia langsung meraba2 tangannya untuk membuat mereka mengira dia adalah korban juga buktinya adalah sisa serbuk2 obat tidur yang masih tersisa di bajunya

    BalasHapus
  19. Salut buat master x mengenai trik psikologisnya susan, dan bisa utk memfokuskan penyelidikan lebih lanjut terhadap susan, tapi mengenai bukti serbuk obat bius yg bisa di simpan di bajunya, atw pun pemeriksaan sidik jari terhadap benda" yg disentuhnya, pasti si pelaku sdh mengaturnya agar tidak terdeteksi 2 kesalahan vital tersebut.

    BalasHapus
  20. Lihat kata2 justin, yg langsung seketika semua bangun dan mengeluh tentang barang2nya yg hilang, dia bisa berbicara begini, "aku sudah memeriksa pintu depan dan belakang, dan tidak ada tanda2 membuka dengan paksa" padahal kata2 itu sesaat setelah semua bangun, jadi kapan dia memeriksanya, itu merupakan kata" reflek terhadap kegiatan yg telah dia lakukan sebelumnya, itu sdh termasuk kesalahan kata yg fatal, klo buktinya pasti akan segera ketahuan, siapa yg di dlm tubuhnya tidak mengandung alkohol dan obat tidur, setelah diperiksa oleh dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tdk bisa di lihat sekilas saja cerita itu, ya berhubung ceritanya mengarahkan pembaca utk memilih salah satu temanya C n J, ya apa boleh buat, pernyataanya susan lah yg fatal juga, klo buktinya sih sama seperti postinganku diatas.

      Hapus
    2. Tapi di akhir disebutkan pelaku selamanya tidak akan diijinkan ke rumah citra dan justin.
      Logikabya justin dilarang masuk rumahnya sendiri jika dia pelaku...

      Hapus
  21. Kurt Z. Krn dia tiba2 nuduh Justin yg mencurigai.
    Kedua, dia yg udh spt sodara jadi pasti dia yg ambil anggur. Obat tidur dimasukkan ke botol anggur bukan ke gelas masing2 krn gelas dia sendiri pun ada obatnya makanya ga diminum. Sahabat spt sodara pasti yg diminta toloh utk ambilin anggur

    BalasHapus
  22. Pelaku susan
    Bukti : Jhon menemukan gelas susan (dekat dengan posisi susan saat tidur) yang habis sedangkan yang lain belum sempat habis sudah pingsan

    BalasHapus