Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 9



Gara-Gara Mau Setia Kawan

Jim menerima kasus baru dari seorang nyonya yang menerima surat pemerasan untuk kucing siamnya yang hilang diculik.

“Kucing saya hilang. Hilangnya kemarin sore sewaktu saya berbelanja. Saya tinggalkan dia dirumah. Pulangnya saya tidak bisa menemukan dia. Hari ini saya menerima surat pemerasan.” Nyonya Bell memberikan sebuah surat yang ditulis dengan komputer kepada Jim.

Isi surat:

** Kalau anda ingin kucing anda kembali dengan selamat, taruh 1000 dollar dalam tong sampah di ujung jalan Ocean **

“Kasihan Dina-ku. Dina itu kucing siam kesayangan saya,” tutur nyonya Bell dengan raut sedih. “Mungkin pas dia keluar dari pintu kecil di dapur dan berada di teras rumah, dia diculik.”
“Jangan panik dan sedih, Bu.” Ujar Jim menenangkan. “Kita coba tanya dulu ke tetangga ibu. Siapa tahu ada yang tahu sesuatu.” Sebelum pergi, Jim menulis ulang surat itu dengan tulisan tangan dan menyimpan yang asli sebagai bukti. Mereka menuju kediaman Ny Bell.

Jim adalah teman baik John sejak kecil. Berusia 28 tahun, rambut dan mata hitam. Tubuh menjulang tegap setinggi 187 cm. Menguasai karate dan judo, salah satu detektif andalan 2J & 2B. (Biro ini terdiri dari John, Jim, Belinda dan Bruce) Dia juga pacarnya Belinda, adik John.
* * *

Dari seorang tetangga sebelah Ny Bell, diperoleh keterangan kalau si tetangga melihat seorang anak memanjat tembok belakang Ny Bell yang rendah dan menggendong si kucing keluar. Sayang dia tidak bisa mengingat dengan jelas ciri-ciri anak tersebut. Ia hanya melihat kaos anak itu bertulisan “S – Club”.

“Pasti ini perbuatan anak-anak S_Club,” ujar Ny Bell yakin. “Mereka itu adalah klub anak-anak di sekitar komplek rumah kami yang sangat nakal. Suka melakukan banyak keonaran-keonaran.”
“Saya akan pergi menanyai mereka. Ibu tinggal di rumah saja .” ujar Jim.
Pertama Jim mendatangi Arnold, ketua S-Club.

“Halo,” Jim menceritakan masalah Ny Bell dan memperlihatkan surat ancaman itu kepada Arnold.
“Jangan menuduh sembarangan, Pak. Kami S-Club tidak begitu rendah sampai mau menculik seekor kucing. Apalagi Ny Bell kan orangnya baik hati.” jawab Arnold tegas.
Kemudian Jim menemui Mimi, bendahara S-Club. Jim kembali memperlihatkan surat ancaman itu.
“Kami bukan perkumpulan seperti itu. Menculik kucing dan minta uang tebusan. Kami adalah klub yang jujur.” Raut muka Mimi terlihat kesal karena merasa dituduh.

Setelah itu Jim menemui 2 anggota S-Club yang lain, Rudy dan Roger. Kembali Jim memperlihatkan surat pemerasan itu.
“Bukan kami pelakunya, Pak. Percayalah pada kami. Mengambil sesuatu yang bukan milik kita kan melanggar ajaran Tuhan,” ucap Rudy dengan mimik bersungguh-sungguh.
“Iya, Pak,” timpal Roger. “Lagipula klub kami tidak mempunyai komputer. Perkumpulan kami tak seburuk yang dibicarakan semua orang di komplek sini. Mentang-mentang kami bermain-main dengan ribut, kalau ada sesuatu yang tak beres, pasti klub kami yang pertama kali dituduh. Ini tak adil.”
Sebentar kemudian, Jim menemui salah seorang anggota S-Club dan menyodorkan bukti yang ada. Anak itu mengaku kalau ia menculik kucing siam Ny Bell karena ada temannya yang kesulitan keuangan. Jadi ia berlaku nekat. Ia mengaku sangat menyesal atas perbuatannya.

Ny Bell setelah memperoleh kucingnya kembali tidak mau memperpanjang urusan ini. Ia hanya memberitahu orangtua anak tersebut untuk lebih memperhatikan dan mendidik anak tersebut. Gara-gara mau setia kawan, sih!

**Siapa Si Penculik Dina ? Bukti? (Ada satu)**

4 komentar:

  1. Roger adalah pencurinya karena dia bilang "Lagipula klub kami tidak mempunyai komputer" padahal surat yg diperlihatkan adalah surat yang ditulis tangan

    BalasHapus
  2. roger , dia sudah tau kalau suat itu ditulis komputer , padahal surat yang asli tidak ditunjukkan

    BalasHapus
  3. Roger pelakunya. Karena dia tahu surat itu di tulis dengan komputer dengan mengatakan "lagi pula klub kami tidak mempunyai komputer" padahal yg di tunjukan kepada anak2 hanya isi surat bertulis tangan. (Saya jawab ini jujur, gak nyontek yang di atas)

    BalasHapus
  4. Jawabannya sama dgn di atas..
    *Roger*

    BalasHapus