Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 2


Kasus Pencurian Mobil

(Berhubung karena banyak yang bingung dengan kantor detektif CIA, saya mengubahnya menjadi kantor detektif 2J & 2B saja. Yaitu John dan adiknya Belinda. Pacar Belinda, Jim dan teman baik mereka Bruce.)
Jam 6:00 pagi, John detektif kita sedang berlari pagi ketika ia mendengar teriakan dari sebuah rumah. John bergegas mendatangi rumah tsb.

“Mobilku…mobilku hilang!” seru si pemilik rumah yang berusia setengah baya itu tersendat.

“Tenang, pak. Coba ceritakan ciri-ciri mobil bapak, mungkin saya bisa membantu bapak mencari,” ujar John berusaha menenangkan.

“Mobil saya merk Toyota keluaran terbaru, berwarna perak metalik dengan nomor plat BX 1356 ZZ.”

“Ah”seru John kaget.”Saya baru saja melihat mobil seperti yang dideskripsikan bapak pada sebuah rumah besar bewarna ungu beberapa blok dari sini.”

“Rumah ungu?” Tanya si bapak. “Ini pasti lagi-lagi kerjaan si kembar Machine, Mereka tinggal di rumah itu setelah mewarisinya dari ayah mereka. Kedua-duanya suka terlibat dalam keributan, pesta sampai dini hari dan berbagai macam kegiatan buruk lainnya.”

“Kalau begitu ayo kita pergi kesana untuk menanyai mereka,” anjur John sambil beranjak pergi diikuti bapak itu.

Tujuh menit kemudian, di depan kediaman rumah Machine. Mobil si bapak masih ada disana. Tok , tok, tok. Tak ada jawaban. John mengetuk lebih keras lagi. Pintu terbuka. Seorang pemuda berkimono hijau menegur dengan masam. “Ada apa? Pagi-pagi menganggu orang.”

“Bapak ini kehilangan mobilnya dan sekarang mobilnya ada di halaman rumah ini. Saya adalah detektif 2J & 2B.” John memberikan kartu namanya. “Boleh tanya apa yang anda kerjakan sampai pagi ini?”

“Saya baru pulang dari diskotik sekitar lima belas menit yang lalu bersama dengan teman saya.”

“Saya mendengar anda mempunyai saudara kembar?” Tanya John.

“Ya, Bob Machine. Dia itu biang onar. Saya melihatnya pulang sambil mengendarai mobil di depan pukul setengah enam.” jawab Leo culas.

Hmm, seorang saudara yang menceritakan keburukan saudaranya sendiri bukan sikap terpuji, pikir John dalam hati. Lalu John pergi mewawancarai Bob Machine. Pemuda itu sama kurang ajarnya dengan Leo.

“Anda detektif?” dengus Bob. “Saya tidak suka ada orang yang berlagak pintar.”

John berusaha menahan kesabarannya. “Seorang bapak kehilangan mobil dan mobilnya itu ada disini. Anda tahu sesuatu mengenai mobil itu dan apa yang sedang anda kerjakan?”

“Saya pulang pukul setengah enam dan minum bir sambil nonton TV. Setelah itu anda datang. Bukan aku yang mengendarai mobil itu, toh aku punya mobil sendiri. Kurasa Leo yang mengambil mobil itu dan membawanya jalan-jalan.” jawab Bob sambil tersenyum licik.

“Terima kasih atas informasinya.” Lalu John menemui bapak itu. “Saya sudah tahu pencurinya siapa karena dia membuat kesalahan dalam obrolannya. Memang lidah tak bertulang.”

Bapak itu mengangguk puas. Mereka menemui salah satu di antara kembar Machine, menyodorkan bukti yang ada. Si pelaku mengaku dengan muka pucat dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Katanya dia hanya meminjam mobil si bapak untuk jalan-jalan dan akan mengembalikannya setelah itu.

** Siapa si pencuri, Leo atau Bob? Bukti? (minimal 1)**


16 komentar:

  1. Pelakunya Leo, karena :
    Jam 06.00 adalah saat mereka berdua ditanyai, Leo bilang dia baru pulang 15 menit yang lalu berarti dia pulang jam 05.45, Tapi menagapa ia bisa melihat Bob yang pulang pukul setengah enam (05.30) seharusnya dia tidak melihat Bob pulang pukul setengah enam karena ia pulang lebih lambat dari Bob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju sama jawaban anda. Tapi saya rasa anda kurang teliti. Jam 06:00 itu saat dimana John bertemu sama pemilik mobil yang hilang. Lalu ada kalimat "Tujuh menit kemudian, di depan kediaman rumah Machine", artinya saat mereka berdua ditanyai adalah pukul 06:07

      Hapus
  2. truz memangnya diskotik masih buka jam 5?

    BalasHapus
  3. kunci mobilnya g ad masa mau jalan2 ama mobil mati? kok pertanyaaanya aneh

    BalasHapus
  4. duh atas saya aneh sekali, menyalakan mobil itu tidak perlu kunci juga bisa, tapi membuka pintunya itulah yang bermasalah karena itu adalah mobil mewah. pelakunya leo, silakan liat lebih teliti pada saat leo ditanya oleh john lebih tepatnya pada saat leo menunjukan waktu.

    BalasHapus
  5. john melihat mobil dirumah tersangka yang berjarak 7 menit dari rumah yang kehilangan berarti pukul 05.53 balik pukul 6.00 ketemu korban balik kerumah tersangka 6.07. leo berkata pulang 15 menit yang lalu berarti 05.52 dan berkata bob pulang 5.30, disini kesalahan john. karena john berbohong.

    BalasHapus
  6. Leo salah dlm mengutarakan wakru..

    BalasHapus
  7. Menurut saya itu bob soalnya namanya bob mechine :v dan kalo leo itu leo culas :v

    BalasHapus
  8. Menurut saya itu bob soalnya namanya bob mechine :v dan kalo leo itu leo culas :v

    BalasHapus
  9. Menurut saya itu bob soalnya namanya bob mechine :v dan kalo leo itu leo culas :v

    BalasHapus
  10. Menurut saya pencurinya mereka berdua..

    BalasHapus
  11. Menurut saya pencurinya mereka berdua..

    BalasHapus
  12. Pelakunya bob,
    Jam 5.53 jhon melihat mobil warna silver itu, lalu jam 6.00 dia mendengar teriakan, tujuh menit kemudian dia mendatangi rumah pencuri tersebut. Jika di kehidupan nyata percakapan antara kakek dan si jhon itu memakan waktu 2-3 (yang mana tanya jawab tersebut memakan waktu cukup lama). Jika kita ambil waktu 2 menit untuk mengobrol makan jhon sampai kerumah pencuri tersebut pukul 6.09, jika leo pulang 15 menit yang lalu, maka jam kepulangannya adalah 5.54 sedangkan jhon melihat mobil tersebut jam 5.53, sehingga pelakunya adalah bob

    BalasHapus
  13. Saudara kembarnya ada berapa?

    BalasHapus
  14. Saudara kembarnya ada berapa?

    BalasHapus