Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 11


Pelancong Palsu

Cuaca belakangan ini terasa agak panas. John yang kepanasan hari ini pergi mencari udara segar dan mengunjungi café langganannya, untuk menikmati minuman segar. Bruce sedang ada dikantor menunggu klien dan berpesan kepada John untuk segelas Ice Latte. Mood Bruce sedang jelek belakangan ini. Soalnya setelah PDKT berminggu2, ia masih belum bisa meluluhkan hati Sersan Rosemary. Sementara Jim dan Belinda sedang berada di Miami .
Telepon genggam John berbunyi sewaktu ia sedang menyeruput Ice Vanilla Strawberry.

“Halo?”
“John, ini Bruce. Tadi Insp George menelpon ke kantor dan minta bantuan kita. Bank Federal dirampok. Dari laporan saksi mata, gerombolan itu terdiri dari 3 perampok dan satu supir. Mereka kemungkinan besar kabur ke jalan Danvile, “ ujar Bruce cepat.
“Kalau begitu saya akan ke jalan Danvile sekarang. Nggak terlalu jauh dari café ini tempatnya.”
John menutup telepon .Kasihan Bank Federal, pikir John. Bank ini entah sudah berapa kali dirampok. Ia segera memacu mobilnya menuju jalan Danvile. Di sepanjang jalan itu terdapat tiga orang saksi mata dengan informasi berbeda.

Orang Pertama (OP) : Seorang Wanita setengah baya
John : Selamat siang. Saya adalah seorang detektif. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan di jalan ini? Karena sebuah bank baru saja dirampok dan perampok itu menuju kemari.
OP: Tidak ada yang mencurigakan. Saya hanya melihat sebuah mobil meluncur dengan cepat di ujung jalan Danville.
John: Kapan?
OP: Kira-kira tiga menit yang lalu. Bank mana yang dirampok?
Ibu itu menawarkan permen mint kepada John tapi ditolak halus karena John tidak begitu menyukai permen.
John: Bank Federal.
OP: Kasihan sekali bank itu. Bank itu yang sering sekali dirampok kan?
John: Benar, Bu.
Sebelum ibu yang sepertinya biang gosip itu bertanya lebih banyak, John minta diri .

Orang Kedua (OK): Seorang gadis
John: Selamat siang. Saya adalah seorang detektif. Sebuah bank baru saja dirampok dan kabarnya perampok itu menuju kemari. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan ?
OK: Saya hanya melihat sebuah mobil Mercy meluncur dengan cepat tadi ke arah Utara.
John: Kapan anda melihat mobil itu?
OK: Kira-kira dua belas menit yang lalu. Saya sendiri sedang menunggu taxi selama empat belas menit. Sialnya tak ada satupun taxi yang lewat. Boleh tahu bank mana yang dirampok?
John: Bank Federal.
OK: Oh, bank yang malang. Bank itu sudah beberapa kali dirampok.
Sebelum pergi, gadis itu menawarkan coklat Cadbury yang diterima John dengan senang hati. John kan pencinta coklat sejati.

Orang Ketiga (OKT) : Seorang pemuda
John: Selamat siang . Bank Federal baru saja dirampok dan kabarnya perampok itu menuju kemari. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan ?
OKT: Bank yang malang itu. Kali ini berapa yah kerugiannya? Mungkin para perampok tahu kalau bank itu yang paling gampang dirampok sehingga bank itu yang sering menjadi sasaran perampok. Saya tadi melihat segerombolan motor-motor balapan yang melaju cepat.
John: Kapan waktu kejadiannya?
John memasukkan coklat pemberian tadi ke mulut. Terasa empuk dan dingin. Pemuda yang cerewet, pikirnya dalam hati.
OKT: Kira-kira lima belas menit yang lalu.
John: Anda sedang menunggu taxi?
OKT: Benar. Sangat susah menunggu taxi disini walaupun saya sudah menelpon perusahaan taxi meminta taxi mereka kesini.
Orang terakhir mengeluarkan sebotol minuman dari tas punggungnya dan meminumnya dengan cepat.
John: Terima kasih atas infonya.

Setelah John berpikir sesaat, dia tahu ternyata ada seorang dari komplotan perampok Bank federal yang menyamar sebagai pejalan kaki untuk menyesatkan polisi yang akan datang dengan informasi palsu.

Secepat mungkin John mencari orang yang dicurigai itu dan menahannya sampai polisi datang. Setelah diperiksa ketat oleh Inspektur George , orang tersebut memberitahukan dimana sisa komplotannya berada. Yang paling kasihan tentu Bruce yang dengan setia menunggu Kopi Ice Latte dari John yang ternyata lupa dibeli oleh John gara-gara mengejar si pemberi informasi palsu.

**Siapa Si Pelancong Palsu? Bukti? (Satu saja)**


6 komentar:

  1. Orang Ketiga (OKT)
    bukti nya
    "Saya tadi melihat segerombolan motor-motor balapan yang melaju cepat"

    BalasHapus
  2. orang ke 2..karena sebelumnya di beri tahu bahwa hari itu sangat panas..tapi coklat cadbury yang diberikan olehnya terasa dingin,padahal dia mengatakan sudah 14 menit menunggu taksi..satu2nya penjelasan adalah dia baru saja dari ruangan ber-AC dan biasanya bank selalu ber-AC..

    selain itu tidak seperti orang ketiga yang berinisiatif menelpon taksi..orang ke dua cuma menunggu..

    BalasHapus
  3. pelakuny tak lain adl okt,
    dia menelpon taksi utk segera pergi meninggalkan bank...
    pdhl jarang2 orang mau mnelpon taksi kalo tak kepepet....
    mengenai coklat dingin,
    bisa sj coklat it ditaruh dlm box dingin.
    mhn maaf admin, sgr bls mna yg bnar dan jdkan sy sbg spy ato anggota anda di kota sy...
    sy ingin hdp sy lbh menantang., mksh

    BalasHapus
  4. orang ke-3 bukan pelakunya. sebagai bukti, dia minum air yg diambilnya dengan cepat, bukti kalau dia memang menunggu taksi ditempat yang panas itu. dia juga tidak melihat adanya mobil apapun yg lewat,melainkan diahanya melihat segerombolan motor. jika dia pelakunya, saya rasa dia tidak akan mengatakan kebohongan yg akan dengan mudah diketahui jika ditanyakan kepada penduduk sekitar apakah benar ada gerombolan motor balapan atau tidak.

    orang pertama juga bukan pelakunya,saat itu mobil yg dilihatnya mungkin adalah mobil yg dikendarai oleh pelaku perampokan yg sebenarnya. ngebut ke ujung jalan danvile. dia juga makan permen mint, bukti bahwa dia juga merasakan panasnya hari itu. permen mint dapat membuat kita merasa dingin untuk sesaat.

    jadi kesimpulannya, plkunya adalah orang ke-2,, selain coklat cadbury yang masih terasa dingin,,yg kemungkinan besar memang karena dia dari ruangan ber-AC/mungkin juga bru saja turun dari mobilnya yg kemudian melaju cepat dan dilihat oleh orang pertama 3mnit yg lalu itu,,orang ke-2 juga pergi setelah memberikan informasi pada detektif john. padahal sebelumnya dia bilang sedang menunggu taxi, untuk apa dia langsung pergi setelah menunggu taxi selama 14menit??..selain itu, orang ke-2 mengatakan melihat mobil mercy meluncur dengan cepat ke arah utara. kemungkinan dia mengatakan itu supaya detektif john mengejar ke arah yang ditunjukannya dan menjauhkan komplotan lain yang sebenarnya tidak pergi ke arah itu. dia juga bilang dia melihat mobil yg meluncur cepat itu sekitar 12menit yg lalu.waktu yang sangat dekat dengan gerombolan motor yang sedang balapan. Apakah mobil akan ngebut disaat jalan sedang ramai seperti itu??

    BalasHapus
  5. pelakunya OK. bukti anilisis saudara isan 24 juni 2013. ditambah, pelancong bisanya membawa bekal sesuai kebutuhan, dalam cuaca panas coklat bekal yg paling janggal dr pada pemen mint dan air. artinya OK tdk menyiapkan bekalnya, sebagaimana kebiasaan pelancong.

    BalasHapus
  6. mmm. klw sy sih, pelakunya orang ketiga. karena kok pelangcong ketiga langsung tau bankx, sedangkan detektifx belum ngasih tahu.. orang pertam dan keduax pun bertanya bank apa, artix orang pertama dan kedua memang gak tau. kok pelancong ketiga langsung tau.?

    BalasHapus