Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 4



Cerita John

John lagi kedatangan seorang teman lama, Pon. Pon adalah seorang ilmuwan yang cukup berhasil di bidang sains. Iseng ia membaca cerita John yang akan dikirim ke redaksi News People. Rupanya News People meminta John (dengan imbalan memadai ) menulis cerita yang bisa dicari kesalahannya oleh pembaca mereka. Ada dua kesalahan dalam cerita John. Ini ceritanya:

SHERIFF BROWN

Pada zaman dahulu, sewaktu sheriff menjadi polisi, terjadi banyak sekali kekacauan yang dilakukan para bandit. Yang paling terkenal adalah Billy The Kid. Ada juga gerombolan bandit Texas yang bukan hanya suka merampok bank tapi tak segan pula membunuh korbannya.
Suatu hari di meja sheriff Brown terdapat sepucuk surat kaleng yang berbunyi:

“Ingin tangkap gerombolan bandit Texas? Kepunglah mereka di pegunungan Hallway pukul setengah dua belas besok.”

Esoknya, sheriff dan ketiga anak buahnya bersiap-siap dengan dua buah pistol perorang. Tepat pukul sebelas, mereka tiba di pegunungan Hallway lalu bersembunyi di belakang tebing tinggi. Detik pun berlalu.
Sudah sejam mereka menunggu tetapi gerombolan itu belum muncul juga. Boro-boro manusia, tak ada seekor binatangpun yang lewat disana. Hanya kesunyian dan bayangan memanjang mereka yang menemani. Keringat bercucuran deras dari dahi dan seluruh tubuh. Sial, umpat sheriff Brown di hati. Surat kaleng itu pasti hanya untuk mempermainkan mereka berlima. Sheriff Brown gagal menangkap gerombolan bandit Texas hari itu. Yang diperoleh malah kaku dan kram pada tubuh.

(Cerita selesai)

“John, lumayan gampang lho kesalahan yang ada pada cerita ini,” nyengir Pon.
“Belagu amat lo,” timpal John keki karena ceritanya diremehkan.

** Nah para detektif,  kesalahan apa saja yang ada dalam cerita John?** (MINIMAL 2)

5 komentar:

  1. 1. "Esoknya, sheriff dan ketiga anak buahnya bersiap-siap dengan dua buah pistol perorang"berarti ada empat orang yang pergi tapi"Surat kaleng itu pasti hanya untuk mempermainkan mereka berlima"di kalimat ini disebutkan lima orang.
    2. "Hanya kesunyian dan bayangan memanjang mereka yang menemani"jam 12 bayangan tidak memanjang karena matahari ada di atas

    BalasHapus
  2. sedikit menambahkan ..
    seharusnya sewaktu sheriff menjadi polisi, kekacauan yang dilakukan para bandit itu berkurang, tetapi disitu dikatakan banyak terjadi kekacauan, jadi apa gunanya polisi ..

    BalasHapus
  3. - pertama : dia mengajak 3 anak buanya, tapi ada kalimat seperti ini "Surat kaleng itu pasti hanya untuk mempermainkan mereka berlima" harusnya ada 4 orang
    - ke dua : jam 12 itu matahari berada di atas kepala, tetapi di sana di sebutkan bayangan memanjanng

    BalasHapus
  4. seharusnya ada 4 orang terus seharusnya mereka tidak berkeringat kan mereka mengumpat dibelakang tebing walaupun bayangannnya tidak memanjang setidaknya pasti ada bayangan tebing utk berteduh

    BalasHapus
  5. 1.Surat kaleng itu pasti hanya untuk mempermainkan mereka berlima.(hanya berempat)
    2.lalu bersembunyi di belakang tebing tinggi. (Tidak berbayang).

    BalasHapus