Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Cerita Detektif 11


Pelancong Palsu

Cuaca belakangan ini terasa agak panas. John yang kepanasan hari ini pergi mencari udara segar dan mengunjungi café langganannya, untuk menikmati minuman segar. Bruce sedang ada dikantor menunggu klien dan berpesan kepada John untuk segelas Ice Latte. Mood Bruce sedang jelek belakangan ini. Soalnya setelah PDKT berminggu2, ia masih belum bisa meluluhkan hati Sersan Rosemary. Sementara Jim dan Belinda sedang berada di Miami .
Telepon genggam John berbunyi sewaktu ia sedang menyeruput Ice Vanilla Strawberry.

“Halo?”
“John, ini Bruce. Tadi Insp George menelpon ke kantor dan minta bantuan kita. Bank Federal dirampok. Dari laporan saksi mata, gerombolan itu terdiri dari 3 perampok dan satu supir. Mereka kemungkinan besar kabur ke jalan Danvile, “ ujar Bruce cepat.
“Kalau begitu saya akan ke jalan Danvile sekarang. Nggak terlalu jauh dari café ini tempatnya.”
John menutup telepon .Kasihan Bank Federal, pikir John. Bank ini entah sudah berapa kali dirampok. Ia segera memacu mobilnya menuju jalan Danvile. Di sepanjang jalan itu terdapat tiga orang saksi mata dengan informasi berbeda.

Orang Pertama (OP) : Seorang Wanita setengah baya
John : Selamat siang. Saya adalah seorang detektif. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan di jalan ini? Karena sebuah bank baru saja dirampok dan perampok itu menuju kemari.
OP: Tidak ada yang mencurigakan. Saya hanya melihat sebuah mobil meluncur dengan cepat di ujung jalan Danville.
John: Kapan?
OP: Kira-kira tiga menit yang lalu. Bank mana yang dirampok?
Ibu itu menawarkan permen mint kepada John tapi ditolak halus karena John tidak begitu menyukai permen.
John: Bank Federal.
OP: Kasihan sekali bank itu. Bank itu yang sering sekali dirampok kan?
John: Benar, Bu.
Sebelum ibu yang sepertinya biang gosip itu bertanya lebih banyak, John minta diri .

Orang Kedua (OK): Seorang gadis
John: Selamat siang. Saya adalah seorang detektif. Sebuah bank baru saja dirampok dan kabarnya perampok itu menuju kemari. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan ?
OK: Saya hanya melihat sebuah mobil Mercy meluncur dengan cepat tadi ke arah Utara.
John: Kapan anda melihat mobil itu?
OK: Kira-kira dua belas menit yang lalu. Saya sendiri sedang menunggu taxi selama empat belas menit. Sialnya tak ada satupun taxi yang lewat. Boleh tahu bank mana yang dirampok?
John: Bank Federal.
OK: Oh, bank yang malang. Bank itu sudah beberapa kali dirampok.
Sebelum pergi, gadis itu menawarkan coklat Cadbury yang diterima John dengan senang hati. John kan pencinta coklat sejati.

Orang Ketiga (OKT) : Seorang pemuda
John: Selamat siang . Bank Federal baru saja dirampok dan kabarnya perampok itu menuju kemari. Anda melihat sesuatu yang mencurigakan ?
OKT: Bank yang malang itu. Kali ini berapa yah kerugiannya? Mungkin para perampok tahu kalau bank itu yang paling gampang dirampok sehingga bank itu yang sering menjadi sasaran perampok. Saya tadi melihat segerombolan motor-motor balapan yang melaju cepat.
John: Kapan waktu kejadiannya?
John memasukkan coklat pemberian tadi ke mulut. Terasa empuk dan dingin. Pemuda yang cerewet, pikirnya dalam hati.
OKT: Kira-kira lima belas menit yang lalu.
John: Anda sedang menunggu taxi?
OKT: Benar. Sangat susah menunggu taxi disini walaupun saya sudah menelpon perusahaan taxi meminta taxi mereka kesini.
Orang terakhir mengeluarkan sebotol minuman dari tas punggungnya dan meminumnya dengan cepat.
John: Terima kasih atas infonya.

Setelah John berpikir sesaat, dia tahu ternyata ada seorang dari komplotan perampok Bank federal yang menyamar sebagai pejalan kaki untuk menyesatkan polisi yang akan datang dengan informasi palsu.

Secepat mungkin John mencari orang yang dicurigai itu dan menahannya sampai polisi datang. Setelah diperiksa ketat oleh Inspektur George , orang tersebut memberitahukan dimana sisa komplotannya berada. Yang paling kasihan tentu Bruce yang dengan setia menunggu Kopi Ice Latte dari John yang ternyata lupa dibeli oleh John gara-gara mengejar si pemberi informasi palsu.

**Siapa Si Pelancong Palsu? Bukti? (Satu saja)**


11 komentar:

  1. Orang Ketiga (OKT)
    bukti nya
    "Saya tadi melihat segerombolan motor-motor balapan yang melaju cepat"

    BalasHapus
  2. orang ke 2..karena sebelumnya di beri tahu bahwa hari itu sangat panas..tapi coklat cadbury yang diberikan olehnya terasa dingin,padahal dia mengatakan sudah 14 menit menunggu taksi..satu2nya penjelasan adalah dia baru saja dari ruangan ber-AC dan biasanya bank selalu ber-AC..

    selain itu tidak seperti orang ketiga yang berinisiatif menelpon taksi..orang ke dua cuma menunggu..

    BalasHapus
  3. pelakuny tak lain adl okt,
    dia menelpon taksi utk segera pergi meninggalkan bank...
    pdhl jarang2 orang mau mnelpon taksi kalo tak kepepet....
    mengenai coklat dingin,
    bisa sj coklat it ditaruh dlm box dingin.
    mhn maaf admin, sgr bls mna yg bnar dan jdkan sy sbg spy ato anggota anda di kota sy...
    sy ingin hdp sy lbh menantang., mksh

    BalasHapus
  4. pelakunya OK. bukti anilisis saudara isan 24 juni 2013. ditambah, pelancong bisanya membawa bekal sesuai kebutuhan, dalam cuaca panas coklat bekal yg paling janggal dr pada pemen mint dan air. artinya OK tdk menyiapkan bekalnya, sebagaimana kebiasaan pelancong.

    BalasHapus
  5. mmm. klw sy sih, pelakunya orang ketiga. karena kok pelangcong ketiga langsung tau bankx, sedangkan detektifx belum ngasih tahu.. orang pertam dan keduax pun bertanya bank apa, artix orang pertama dan kedua memang gak tau. kok pelancong ketiga langsung tau.?

    BalasHapus
  6. Murni amalia: nenurut saya anda keliru, krn detektif sdh memberi tahu yg kerampokan adl bank federal. Menurut saya pelakunya adl OK

    BalasHapus
  7. Jika memang OK. Mungkin buktinya krna cuma dia yg menybut merk mobil dan kmana arahnya. Ttpi jika OKT. Dia mengatakan sudah menlp taxi. Mungkin saja taxi yg ditlp adlh mobil yg membwa 3 permpok tsb. Dan supir taxi adlh bgian dari mereka. (3perampok dan 1supir). Sbgai tmbhan sangat jarang seorang pelancong mnlp taxi. Kbnyakan pelancong hanya menunggu taxi. Itulah mnurt saya. Ttpi jika di sruh mmilih pilihn terkuat saya Adlh OKT.

    BalasHapus
  8. Dalam cerita detektif, yang paling mencurigakan biasanya bukan pelakunya

    BalasHapus
  9. OK menjadi sedikit di pertanyakan kenapa coklat yang dia bawa masih terasa dingin...kalo cuacanya panas dalam hitungan 60 detik saja coklat pasti sudah tidak dingin lagi dan dalam hitungan 2menit coklatnya pasti lumer..

    Untuk OP dan OKT disini ada yang ganjil.. Ganjilnya dimana? .. Ada pada penjelasan mereka mengenai perbedaan kendaraan yang mereka lihat ...
    OP mobil, sedangkan OK motor....

    Tapi yang menjadi masalah adalah orang kedua karena kalo panas seharusnya dia tidak akan membawa coklat karena coklat bukan lah makan yang sesuai ditempat yang panas yang akan menambah rasa haus bila dinikmati pada cuaca yang panas dan ditempat yang panas pula..

    Jadi tersangka menurut saya OK

    BalasHapus
  10. OK. Soalnya, dr yg sy baca, mobil yg dikendarai para perampok itu ngebutkrn ingin cpt2 lolos. Kok bisa OK tau mob yg dipakai itu mercy? Dan kalaupun tau, kok bisa ingat, biasanya, orang yg nungguin taxi nggak akan merhatiin kendaraan lain, dan hanya menunggu hingga si taxi dateng.

    BalasHapus
  11. ini yang paling menegangkan dari cerita memasukkan coklat pemberian tadi ke mulut.

    BalasHapus